RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MI Miftakhul Jinan
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan
Islam
Kelas/semester : V / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A.
Standar Kompetensi
1. Mengenal peristiwa hijrah Nabi Muhammad
SAW ke Yatsrib
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi sebab-sebab hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib
C.
Indikator
1.1.1
Menjelaskan
latar belakang peristiwa Baiatul Aqobah I
1.1.2
Menjelaskan
latar belakang peristiwa Baiatul Aqobah II
1.1.3
Menceritakan
peristiwa Baiatul Aqobah I dan aqobah II sebagai salah satu sebab Nabi hijrah
ke Tatsrib
1.1.4
Menjelaskan
faktor penduduk Yatsrib mudah menerima islam
1.1.5
Menjelaskan
rencana jahat kaum kafir Quraisy menjelang Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengetahui latar belakang peristiwa
Baiatul Aqobah I
2. Siswa dapat mengetahui latar belakang
peristiwa Baiatul Aqobah II
3. Siswa dapat menceritakan peristiwa
Baiatul Aqobah I dan II dengan bahasa yang jelas dan sistematis
4. Siswa dapat menjelaskan faktor – faktor
penduduk Yatsrib mudah menerima islam dengan benar
5. Siswa dapat menjelaskan rencana jahat
kaum kafir Quraisy menjelang Nabi Muhammad SAW hijrah ke Yatsrib
E.
Karakter Siswa yang Diharapkan
Religious, Pantang Menyerah, Sabar, dan Pemberani
F.
Materi Pokok
Sebab-sebab hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Yatsrib
G.
Model dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran Kooperatif dengan
strategi Jigsaw
Metode : Ceramah, diskusi, tanya jawab dan
penugasan
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
Langkah Kegiatan
|
Metode
|
Bahan
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
·
Guru
mengucap salam
·
Guru
dan siswa berdoa sebelum pelajaran dimulai
·
Guru
mengabsen siswa
·
Guru
memberikan apersepsi dengan bertanya “adakah kalian yang berpindah-pindah
tempat ngaji? Kenapa kalian pindah?”
·
Guru
menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
·
Guru
memotivasi siswa
|
|
·
Buku
Paket dan LKS kelas 5 MI
·
Power
point gambar peristiwa Baiatul Aqobah 1 dan II
·
Kertas
Cokelat
·
Spidol
·
Selotip
|
10
Menit
|
Kegiatan Inti
|
|
50
Menit
|
|
Eksplorasi
·
Siswa
membuka buku SKI dan membaca isi buku tentang peristiwa Hijrah Nabi dalam
hati
·
Siswa
mendengarkan guru menjelaskan kisah Nabi Muhammad SAW secara singkat dengan
menggunakan power point
·
Guru
mengkondisikan siswa yang setiap kelompoknya terdiri dari 4 siswa yang
diambil secara heterogen
|
Ceramah
|
||
Elaborasi
·
Guru
mempersiapkan kertas coklat dan robekan kertas yang bernomor 1 hingga 4 yang
memiliki sub topik yang berbeda
·
Setiap
kelompok membaca dan mendiskusikan sub topik masing-masing dan menetapkan
anggota ahli yang akan bergabung dalam kelompok ahli
·
Anggota
kelompok ahli dari masing-masing kelompok berkumpul untuk berdiskusi dan
saling membantu untuk menguasai topic tersebut
·
Setelah
memahami materi kelompok ahli menyebar dan kembali ke kelompok masing-masing
dan menjelaskan materi pada teman kelompoknya
|
Diskusi
kelompok
|
||
Konfirmasi
·
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi secara bergantian
·
Setiap
kelompok wajib memberikan kritik atau tambahan kepada kelompok lain
·
Guru
memberikan apresiasi kepada setiap kelompok
·
Guru
memotivasi siswa yang belum berpartisipasi aktif
|
Tanya
jawab
|
||
Kegiatan Penutup
·
Guru
bersama siswa membuat kesimpulan hasil diskusi
·
Guru
merefleksi kegiatan pembelajaran yang sudah dilaksanakan
·
Guru
meminta siswa mengerjakan latihan soal di buku LKS hal 27
·
Guru
menginformasikan bahwa peetemuan berikutnya akan membahas tentang peristiwa
hijrah Nabi Muhammad SAW ke Madinah
·
Guru
dan siswa berdoa mengakhiri pembelajaran
·
Guru
mengucap salam
|
Penugasan
|
10
Menit
|
I.
Sumber Belajar
Buku Paket dan LKS kelas
5 MI
J.
Penilaian
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
Soal
|
1,Menjelaskan
latar belakang peristiwa Baiatul Aqobah I dan II
2,Menceritakan
peristiwa Baiatul Aqobah I dan II sebagai salah satu sebab Nabi hijrah ke
Tatsrib
3,Menjelaskan
faktor penduduk Yatsrib mudah menerima islam
4,Menjelaskan
rencana jahat kaum kafir Quraisy menjelang Nabi Muhammad SAW hijrah ke
Yatsrib
|
Tes Tulis
Nontes
Tes Tulis
Tes Tulis
|
Jawaban Singkat
Tes Performance
Tes Uraian
Tes Uraian
|
1.
Apakah yang
melatar belakangi peristiwa Baiatul Aqobah I dan II?
2.
Mengapa
penduduk Yatsrib mudah menerima islam?
3.
Jelaskan
rencana jahat kaum Quraisy terhadap Nabi Muhammad SAW!
|
FORMAT
KRITERIA PENILAIAN

No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
· Semua benar
· Sebagian besar benar
· Sebagian kecil benar
· Sema salah
|
4
3
2
1
|

No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2.
3.
|
Kerjasama
Aktif
Percaya Diri
|
v Sangat
baik
v Baik
v Cukup
baik
v Kurang
baik
|
4
3
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
Skor
|
||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN:


Sidoarjo, ……………..
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Kelas V
Abdul
Mu’id, M.Pd.I Roihatul
Ilmi
NIP. NIM.
D07213034
Tidak ada komentar:
Posting Komentar